English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Arlo

Kamis, 04 Juni 2015

Toyota Corolla Twincam Kelemahan dan Kelebihannya



Mobil Toyota Corolla Twincam sering kali menjadi pilihan para pengguna mobil untuk mengisi garasinya untuk yang pertama kali. Selain harga mobil yang masih terjangkau oleh kantong kawula muda, model untuk mobil Corolla Twincam juga tidak lekang oleh waktu alias body mobil masih tetap terlihat kekar dan enak dipandang oleh mata hingga saat ini.

Toyota Corolla Twincam 

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Toyota Corolla Twincam, kita akan membahas mobil Corolla Twincam yang beredar di Indonesia :
  • 1. Corolla SE atau biasa disebut dengan twincam SE ataupun twincam banci, dengan menggunakan mesin seri E yang sama seperti Toyota starlet ( mesin 2E SOHC carburator)
  • 2. Corolla SE Limited dan biasa disebut dengan twincam (secara umum) memakai mesin 4AF, mesin DOHC, narrow angle valve (headnya tidak lebar) atau paling mudahnya di head mesin bagian atas tidak ada tulisan twincam, Cuma terdapat tulisan toyota 16V Carburrated
  • 3. Corolla GTi atau biasa disebut dengan Corolla Twincam GTi sudah menggunakan memakai mesin DOHC wide angle valve (headnya lebar) dan ciri termudah adanya tulisan twincam 16V di head serta menggunakan mesin 4AGE (fuel injeksi) dan barang yang paling diburu oleh hampir semua varian adalah strut bar original pada Twincam GTi

Perbedaan Corolla Twincam yang beredar di Indonesia

Corolla Twincam atau biasa disebut juga Twinnie ( merupakan panggilan kesayangan dari para pengguna Corolla Twincam) mulai diproduksi untuk massal pada tahun 1988. Setiap tahun keluaran Toyota Corolla Twincam sendiri memiliki perbedaan masing-masing. Pada generasai awal, mobil ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bumper depan yang lebih banyak sirip-siripnya dan di bagian bawah bumper mobil tersebut terdapat lubang kotak untuk lubang hawa perangkat rem.

Mobil Corolla Twincam tahun 1989 sudah terdapat lampu sen di bumper depannya. Kotak hawa untuk bumper yang ada pada Corolla Twincam 1988 sudah dihilangkan. Sedangkan pada stop lamp masih seperti generasi awal yaitu kuning putih ( untuk sein dan lampu mundur), hanya saja pada Twinnie tahun ini sudah ditambahkan ornamen lampu pada plat nomor belakang.

Pada generasi Corolla Twincam tahun 1990-1992 hampir tidak ada perbedaan berarti kecuali lampu sein yang ada pada bumper yang mengalami perubahan dimensi. Pada tahun ini, Corolla Twincam menambah variannya dengan menggunakan sistem injeksi dan diberi nama Corolla Twincam GTi.  Masih menggunakan mesin 4A-GE yang sampai saat ini masih memegang pamor sebagai salah satu mesin kencang untuk pabrikan Toyota. Pada Corolla Twincam GTi  sudah mengadopsi sistem rem cakram untuk semua bagian, baik roda depan maupun roda belakang. Indikator yang terdapat pada mobil ini juga sudah lebih lengkap dan jok semi bucket yang siap ‘memegang’ tubuh. Corolla Twincam GTi merupakan awal cikal bakal untuk menyempurnakan varian corolla sesudahnya, yaitu Toyota Great Corolla

Permasalahan Corolla Twincam

1. Bagian Kaki-Kaki

Karena usia mobil yang sudah berumur 20 tahun lebih maka sektor kaki-kaki adalah bagian yang paling sering mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian. Untuk Corolla Twincam hampir tidak mengalami kesulitan berarti untuk mencari spare part kaki-kaki tetapi untuk Varian Corolla Twincam GTi agak sulit untuk mencari kelengkapan kaki-kaki bagian belakang yang memang berbeda sendiri. 

2. Karburator

Hampir semua mesin karburator pasti mengalami masalah untuk bagian yang satu ini. Karburator memang mempunyai peran vital yang mengatur 'lari' nya sebuah mobil. Spare part Toyota satu ini yang mengatur tingkat keiritan sebuah mobil dan enak atau tidak enaknya mobil tersebut untuk lari. Sayangnya Spare part Toyota yang satu ini sudah tidak diproduksi kembali sehingga meskipun kita memiliki uang tetapi belum tentu mudah untuk mendapatkan karburator baru untuk corolla Twincam

3.Elektrikal

Sebagai mobil yang sudah tergolong tua, banyak sekali permasalahan yang ditemui pada corolla twincam adalah masalah kabel yang sudah semerawut dan banyak jumper di sana-sini, memang agak susah untuk mencari soket-soket ataupun kabel bodi satu geludung untuk mobil ini. Solusi yang paling memungkinkan adalah mengganti kabel bodi secara keseluruhan dengan cara manual dan bisa menghabiskan waktu hingga 3 bulan.

Harga Mobil Bekas : Toyota Corolla Twincam 2013 



No.
Model Mobil
Tahun
Harga (Rp.)
1
Corolla Twincam 1.6 Gti
1990
55.000.000
2
Corolla Twincam 1.6 Gti
1991
65.000.000
3
Corolla Twincam 1.6 Gti
1992
75.000.000
4
Corolla TwinCam 1.6 SE
1988
45.000.000
5
Corolla TwinCam 1.6 SE
1989
50.000.000
6
Corolla TwinCam 1.6 SE
1990
55.000.000
7
Corolla TwinCam 1.3 SE
1988
45.000.000
8
Corolla TwinCam 1.3 SE
1989
48.000.000
9
Corolla TwinCam 1.3 SE
1990
52.000.000


Toyota Twin Cam SE 1600cc, meski tahun 90an namun modlenya masih manteb gan, spare art gampang, service gampang dan larinya lumayan serta mesinnya bandel. Untuk harga bisa dibilang stabil, tak terlalu mahal juga tak terlalu murah. Setidaknya mobil ini cocoklah bagi agan sekalian yang masih muda dan baru bisa merasakan makan duit sendiri, hehe. Untuk dijadikan mobil pertamaa nampaknya cocok karena memang tidak ribet. Okeh kita bahas mengenai kekurang dan kelebihannya, posisinya dibanding kompatitor, apa kata user, serta kisaran harganya.

1. Kelebiahan
  • tarikan  kenceng,  mesin bandel, sparepart murah
  • Model paling bagus, udah kapsul padahal tahun jebot an.
  • Mesin paling bagus, 94 hp, dohc. Tune-up ga perlu nyetel apa2, cuma perlu bersihin busi. Duel kebut2an lawan LX apalagi esteem, ya pasti menang kecuali supirnya dodol. Speedometernya aja sampe 200 km/jam. Kalo kondisi bagus mampu lah lawan mobil2 1500 cc keluaran baru.
  • Interior  modern, dashboard udah bulet, bandingin langsung aja deh dengna interior LX maupun esteem. Nampaknya cuma twincam yang punya konsol dengan laci tertutup ditengah kayak punya sedan2 menengah ke atas.
  • Kenyamanan, menang juga, yang paling empuk.
  • sparepart paling gampang, karena bisa tuker2an dengan mobil lain yang populasinya banyak di jalanan, greco, all new corolla dan soluna
2. Kekurangan
  • Kekurangan ya PS namanya ud agak umur ya mungkin bocor seal nya PS. wajar
  • Kaki kaki agak lemah…tapi ganti cukup murah
  • Ada yang bilang agak boros, kalo sama2 standar, twincam disinyalir yang paling boros bensin dibanding LX dan esteem
3. Komparasi dengan kompatitor
  • Dari segi kenyamanan Corolla TwinCam lebih baik, ruang kaki buat penumpang belakang lebih longgar dan ruang kepala bagi seluruh penumpang juga lebih lega dibandingkan Civic LX yang rendah.
  • Kalo mesinnya, dengan jumlah cam ganda, jelas Corolla lebih bertenaga, tapi karburator perlu perhatian lebih karena setelannya mudah berubah kalau tersumbat kotoran dan kalau sering berakselerasi ekstrim, efeknya jadi suka pincang & boros. Makanya, generasi berikutnya (Great) sudah pakai EFI yang lebih handal dan irit melihat kelemahan TwinCam karbu. Kalau karbu Civic lebih bandel.
  • Kalo kaki-kaki, Corolla TwinCam lebih tangguh. Model Corolla TwinCam juga lebih “abadi” dibanding Civic LX yang masih mengotak dan dengan postur yang “rendah”. Bandingkan dengan sedan-sedan CC kecil sekarang yang ukurannya pada bongsor-bongsor.
  • Untuk reliability saya rekomendasikan Corolla Twin Cam. Untuk akselerasi saya sarankan Grand Civic. Tinggal pilih yang mana yang lebih disukai. Awet dan bandel atau performa jalanan (street performance). Yang penting untuk kendaraan itu adalah bagaimana kamu merawatnya. Semuanya akan baik2 saja kalo perawatannya benar dan sesuai anjuran.
  • Corolla Twin cam ’91 lebih bandel daripada Civic LX ’91, kaki-kaki Civic cepat lemah.
4. Apa kata user?

Nah dari dialog di sini James Bons peroleh statmen user sebagai berikut:
Kebetulan saya pemakai Corona Twincam 1990 1600cc (4A-F, carburator), kesannya sih spare-part murah & mudah dicari, tapi mesin pas2-an torsi loyo utk ukuran sebuah Corona krn itu bisa dibilang boros 1:6 – 1:7 utk kondisi yg full macet, kalo luar kota/tol sih bisa 1:8 asal nggak gas-pol ajah. Mesin 1600 ini bagusnya lumayan bandel . . gue sendiri blom pernah turun mesin, pernah turun mesih setengah krn kena overheat . . . skrg sih ordometer menunjukkan 355,000 km . . . so far so good lah. Cuman memang denger2 sih yg 1600cc kalo udah berumur suka bermasalah di karburatornya, tmsk gue yg udah  ganti karburator limbah. Kalo yg Corona Twincam EFI 2000cc sih jelas lebih enak krn torsi mumpuni walopun tidak selincah & segalak Corolla twincam, tapi scr keseluruhan mesinnya biasa2 aja. Mesin 2000cc (3S-FE) yg udah tua rentan punya penyakit oli rembes krn posisi mesin yg miring, selain itu semua line Corona Twincam & Absolute punya penyakit turunan yaitu power steering rembes or bocor, yg ini memang penyakit tipikalnya Corona. Selain itu Corona Twincam 2000cc pake speedo digital yg bila rusak cukup mahal biayanya, selain itu juga PCD baut limanya tmsk susah nyari pelek after-marketnya krn nggak pasaran (kecuali yg 1600cc PCDnya 100 – empat baut).
Menurut gue Corona Absolute lebih lembut suspensinya dibanding yg versi Twincam, Absolute GX (1600cc – 4A-FE) bisa jadi pilihan ekonomis krn mesin sudah injeksi, mesin sama dgn Greco (Great Corolla), bensin lebih irit dibanding yg 2000cc.
Saran utk engine swap: bisa pake 3S-GE (2000cc NonTurbo), 3S-GTE (2000cc Turbo) & 7A-FE (1800cc). Utk pilihan ekonomis mending pake 7A-FE (mesinnya All New Corolla), krn basic mesin sama dgn 4A-FE tapi dgn cc lebih besar dan torsi puncak yg dicapai pada rpm yg lebih rendah, sehingga masih mumpuni utk menghela Corona di kemacetan dan relatif irit serta spare-part sgt mudah. Mesin 3S-GE bisa buat alternatif performa non-turbo yg spare-partnya sgt mirip dgn 3S-FE shg cukup gampang perawatannya, tapi ini mesin high compression yg butuh oktan tinggi.
5. Berapa harga Rondonya?
  • 87-88 : 38 Jutaan
  • 89-90 : 40 jutaan
  • 91-92 : 45 jutaan

76 komentar:

Ridzal az de mengatakan...

twincam 16 se is the best broooo...

Unknown mengatakan...

Untuk konsumsi bbm nya yang wajar brp ya?
Emg ada rencana buat minang ni mobil, tp ada temen yg bilang konsumsi bbm nya 1 ltr cuma dpt 6 km.
Jd galau nih. Mohon masukan nya mas

arif riyanto mengatakan...

Sip...

Gelora Jaya Tedja mengatakan...

Bapak2 ada yang tau tempat jual karburator twincam yang baru?

Gelora Jaya Tedja mengatakan...

Bapak2 ada yang tau tempat jual karburator twincam yang baru?

tulisanku mengatakan...

Irit banget kok gan, ane isi pertalite 200rb bisa di pakai PP sby-mlg(+-90km), pemakaian standart 100km/jam. Kembali lagi kepemakaian agan. Overall gk nyesel pakai "si titi", tua2 keladi

Unknown mengatakan...

corolla 87 LB kisaran brp y

lutfie erwin mengatakan...

corolla 87 LB kisaran brp y

aditya budiprasetyo mengatakan...

Permisi Bapak2 ada yang tau tempat jual lampu rem belakang twincam liftback 89? Terima kasih

yugha subagja mengatakan...

permisi para suhu twincam,saya mau tanya penyebab mobil tiba-tiba mati dalam kondisi mesin hidup dan ketika distarter jg sulit seperti tidak ada listrik hanya ada suara "cek..cek",kira2 kenapa ya? pada saat kondisi seperti itu akhirnya mobil hidup setelah didorong. mobil saya twincam SE limited'90,mohon pencerahan dari para suhu,terima kasih

yugha subagja mengatakan...

Coba hunting di atrium senen jkt pak,disitu terbilang komplit,tergantung kondisi stok barangnya jg

tulisanku mengatakan...

Kalau pnya saya wktu itu krn listriknya krg. Coba cek akinya tekor nggak, kalau msh gk mau ngecas coba di cek altenatornya.smga membantu

Hikmawan mengatakan...

Malam swmua, salam kenal, saya indung, saya butuh bantuan twincam saya kipas radiatornya rusak, butuh baru fannya n bingkainya, ada yang tau informasi di jakarta n sekitar, baru atau bekas lebih baik, motor sudah ada, tapi bingkainya susah sekali, trims

tulisanku mengatakan...

Kalau kipas Ac (dkt gril dpn) bisa pakai punya soluna krn memang biasanya diharuskan ganti, susah mau ngelilitnya gan. Soal hrga macem2 gan, rata2 antara 350rb-450rb, ane beli 350rb baru tapi di malang. kalau kipas radiator (yg dibelakang) itu kemungkinan bisa di lilitkan ke tukang dinamo kata montirnya gitu gan. Smoga membantu

Hikmawan mengatakan...

Trims mas, tapi bukan motor dinamonya, dinamo sudah ada, tinggal bingkai atau rumah dinamo belakang, punya info ga,trims

tulisanku mengatakan...

Kalau d sby gitu banyak mlai dri bekas dlm negeri sampai loakan ada, kanibalan jga ada. Hehehe
Di kedungdoro, atau klau nggak cba cari di loakan gan, banyak kok yg kondisinya msh 80% fisiknya, ane rasa klau bkn msalah motor atau listrik beli second jga gk msalah. Biasanya twincam 89-90 pakai kanibal punya adeknya, soluna, atau kijang. Punya ane sparepatnya kebanyakan pake great sama soluna gan. Mobil juga standart aja, soalnya mempertahankan orisinilnya. Hehe

Dedy Junaidi mengatakan...

TC emang oke!

Dedy Junaidi mengatakan...

TC emang oke!

yugha subagja mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yugha subagja mengatakan...

kl saya kemarin malah radiator atasnya pas bagian tutupnya retak,sempat overheat,ternyata radiatornya bahan plastik,alhasil cari info sana sini radiator baru kena 1,8 jt bahan yg sama,akhirnya ganti radiator bahan kuningan kena 400ribu,dijamin puas gan,sejuk ga bikin tongpes

yugha subagja mengatakan...

tks infonya gan ����,akhirnya ganti sekring dan relay,alhamdulillah lancar jaya,salam gaspoll ������

tulisanku mengatakan...

Emang AE92 mantap bro, nggak kemakan usia. Msh juga cakep dah diajak jalan. Haha

tulisanku mengatakan...

Syukur lah bro nggak kenak altenator. Biasanya mobil klau umur dinamo2 sama listriknya sering2 di cek aja. Ae92 tua2 keladi bro. Haha

tulisanku mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Petualang mengatakan...

Mohon info para suhu..kalo radiator TC89 pke punya greco bisa ga ya??mkasih

Petualang mengatakan...

Atau ganti radiator yg 2 ply pake apa bagusnya..

Petualang mengatakan...

Mohon info para suhu..kalo radiator TC89 pke punya greco bisa ga ya??mkasih

tulisanku mengatakan...

Kayaknya cocok bro, cuma krg tau juga sih. Coba master2 blm ada yg turun gunung buat jawab. Klau si seLI punya saya kebanyakan kanibal punya greco klau nggak soluna bro. Ada jga punya kijang, cuma pipa minyak rem aja

tulisanku mengatakan...

Kayaknya cocok bro, cuma krg tau juga sih. Coba master2 blm ada yg turun gunung buat jawab. Klau si seLI punya saya kebanyakan kanibal punya greco klau nggak soluna bro. Ada jga punya kijang, cuma pipa minyak rem aja

Petualang mengatakan...

Mohon info para suhu..kalo radiator TC89 pke punya greco bisa ga ya??mksdnya mo ganti yg 2ply..soalnya klo ac nyala suhu pelan tp pasti naik trs..d.rojok sudah..pke collant jg sudah..pdhal ga bocor..mkasih

Petualang mengatakan...

Mohon info para suhu..kalo radiator TC89 pke punya greco bisa ga ya??mksdnya mo ganti yg 2ply..soalnya klo ac nyala suhu pelan tp pasti naik trs..d.rojok sudah..pke collant jg sudah..pdhal ga bocor..mkasih

tulisanku mengatakan...

Mending lain kali jgn pakai coolant bro, mobil jenis punya kita ini keraknya uda banyak kena coolant bisa protol. Punya ane kpn hari pipa pendingin yg di belakang sama dpn hbs ganti bro, punya SE 89 jga. Gara2 nyoba pakai collant, pdhal uda di flush. Lah kok protol smua. Haha

tulisanku mengatakan...

Kayak.a yg radiator yg bagian atas buntu itu bro. Ac dingin nggak? Coba cek fan ac, putaran kenceng nggak? Klau nggak kenceng kayaknya itu penyebabnya

tulisanku mengatakan...

Kalau posisi di surabaya, ada di daerah kedungdoro, kalau di malang di daerah kayu tangan pak.

tulisanku mengatakan...

Kalau posisi di surabaya, ada di daerah kedungdoro, kalau di malang di daerah kayu tangan pak.

Petualang mengatakan...

Makasih atas infonya ms bro..tar sy cek deh jalur selang radiator atasnya..soalnya kipas jg kenceng.AC lmyan dingin,kompresoor baru..(bru 3 blnan mksdnya)..mgkin krna usia X ya..haha..

Petualang mengatakan...

Makasih atas infonya ms bro..tar sy cek deh jalur selang radiator atasnya..soalnya kipas jg kenceng.AC lmyan dingin,kompresoor baru..(bru 3 blnan mksdnya)..mgkin krna usia X ya..haha..

tulisanku mengatakan...

Kayaknya radiatornya itu ada yg buntu bro, atau klau nggak pipa2 radiator yg mnuju mesin ada yg bocor alus. Punya saya mlai beli dari barunya alhamdulillah rdiator msh stabil bro, cuma fan sama pipa2nya yg di ganti krn dimakan usia. Hehehe

Petualang mengatakan...

Para suhu..klo shock d.servis awet ga ya?? Dah trllu empuk nih..anjut2n
Mksih

Petualang mengatakan...

Para suhu..klo shock d.servis awet ga ya?? Dah trllu empuk nih..anjut2n
Mksih

Petualang mengatakan...

Para suhu..klo shock d.servis awet ga ya?? Dah trllu empuk nih..anjut2n
Mksih

Petualang mengatakan...

Para suhu..klo shock d.servis awet ga ya?? Dah trllu empuk nih..anjut2n
Mksih

Petualang mengatakan...

Para suhu..klo shock d.servis awet ga ya?? Dah trllu empuk nih..anjut2n
Mksih

Coro ijo mengatakan...

Gan, minta info yg jual sparepart twincam gti paling lengkap area Jogja, Magelang, purwokerto atau Semarang. Saya nyari piston rem belakang susah minta ampun. Atau barangkali ada yg bisa rekomendasi toko online??

Bin Nasution mengatakan...

sy mau jual twincam tahun 1989 warna hijau metalic gan..
daerah medan dan sekitarnya, dijual karna butuh uang buat modal nikah. yang minat hubungi sy ke no 085214046525 (rizal).
harga 35.000.000 (tiga puluh lima juta) nego tipis gan..
minus pajak mati 3 tahun

Drs.I Ketut Yoni mengatakan...

Selamat malam temen2 salam kenal dari saya ketutyoni dari mataram lombok....mhn tanya utk air carburator sebaiknya menggunakan apa..mobil saya twincam lifback thn 1989 yg br saya beli di tabanan -bali sekitar 3 bln lalu...terima kasih informasinya...salam

Drs.I Ketut Yoni mengatakan...

Selamat malam temen2 salam kenal dari saya ketutyoni dari mataram lombok....mhn tanya utk air carburator sebaiknya menggunakan apa..mobil saya twincam lifback thn 1989 yg br saya beli di tabanan -bali sekitar 3 bln lalu...terima kasih informasinya...salam

tulisanku mengatakan...

Sebenernya pakai coolant bagus, tapi berhubung mobilnya udah berumur takutnya keraknya takut rontok malah nyumbat nanti, dan semisal dijalan kehabisan air radiatornya susah cari coolant. Kalau saya pribadi pakai aquadest, krn tidak mengandung mineral. Jadi bisa meminimalisir terjadinya kerak di radiator.

tulisanku mengatakan...

Relatif bro. Kalau saya seh pernah. Sekitar 2thunan lah. Yg kalah dlu shock dpn dlu bro. Kalau mau ganti merk kyb (kayaba) hrgnya agak lbh murah dari yg ori tp kualitas nggak jelek2 amat. Hehe

tulisanku mengatakan...

Waduh bro, susah. Coba klau jalan2 ke sby cari di sekitar kedungdoro, atau klau lg di mlg bisa cari di toko onderdil di daerah kayu tangan. Saya pakai SE Limited aja barang2nya uda banyak yg susah bro apalagi Gti. Hehe

Jack Hryd mengatakan...

Salam kenal suhu TC....
Mohon info penjualan parts utk wilayah Lampung.
Sy pengguna TC LB '90 domisili Bandar Lampung.
Bingung cari 1 set mika lampu belakang belum dapet juga.
Mohon infonya dong....

Jack Hryd mengatakan...

Bener bgt brader, kejadian kerak rontok baru sy alami pas bulan puasa kemarin, akibat mutasi dr aquadest ke coolant, 😂😂😂
Alhasil, sambungan pipa ke mesin pada bocor krn kerak rontok.
Tp skrg dh ok, balik pakai coolant, setelah bersih2 n perbaikan sambungan piva

tulisanku mengatakan...

Biasa bro mobil cantik, manjanya minta ampun. Hehe.
Pakai apa pun terserah seh, cuma berhubung ini mobil uda umur takutnya keraknya malah pada rontok, mending pakai air biasa atau aquades. Saya lbh prefer itu,lbh aman dan klau hbs (darurat) bisa diisi air biasa. Hehehe

tulisanku mengatakan...

Ditoko2 loakan banyak bro biasanya. Kondisinya ya macem2, yg 90% jga ada. Asal sabar2 aja carinya. Hehhe

andi hendra mengatakan...

sy penggemar tw lift back, mohon info para suhu siapa yg tau ada t4 jual lampu variasi 1 set depan belakan,

Bayu Sa mengatakan...

Permisi, saya mau tanya. Aku punya mobil corolla twincam 1990, ada masalah dengan radiator nya. Ketika mesin mobil panas air radiatornya berbunyi grodok2 seperti air mendidih, kemudian air di radiatornya pindah ke tempat cadangan air yg plastik. Terus airnya keluar tumpah. Otomatis air radiatornya berkurang. Padahal radiatornya udah di servis. Mohon petunjuknya

Bayu Sa mengatakan...

Permisi, saya mau tanya. Aku punya mobil corolla twincam 1990, ada masalah dengan radiator nya. Ketika mesin mobil panas air radiatornya berbunyi grodok2 seperti air mendidih, kemudian air di radiatornya pindah ke tempat cadangan air yg plastik. Terus airnya keluar tumpah. Otomatis air radiatornya berkurang. Padahal radiatornya udah di servis. Mohon petunjuknya

Alex Lasol mengatakan...

hallo sy pny twincam thn 90, mesinnya sih msh bgs cmn bodynya kl di jln berbatu agak goyang kira2 pny solusi ga? makasih sebelumnya

Alex Lasol mengatakan...

hallo sy pny twincam thn 90, mesinnya sih msh bgs cmn bodynya kl di jln berbatu agak goyang kira2 pny solusi ga? makasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

salam kenal kawan2...
sy wahyu dr Jambi, mo tanya2 soal doortrimnya tc liftback, kira2 ada yg jual gak ya, soalnya punya sy udah lapuk alias keropos...mohon pencerahannya donk

Hendry man mengatakan...

salam kenal buat komunitas AE92....
gw hendry cooper di jakarta, gw pake Tc gti 91 dari pertama gw pake allhamdulillah gw ngak ngerasa repot dan yang jelas gw biasa pake tuh kuda gw jakarta bandung cuma 200rb pp klu jalan normal ngk macet sampe tujuan ngk nyampe 2 jam sampe gila emang klu gti, gw service di bengkel GATI 2 Motor, tunner bgt tuh mekanik, tau yang gw mau sebagai speed lover. lo bis hub makaniknya Siswanto 085890707040. klu punya penyakit seputar Tc Gti silahkan agan" hub doi ok salam.

Bayu Sa mengatakan...

Coba ke toko garuda di jalan sudirman palembang, didepan cinde. disana cukup lengkap khusus mobil sedan. Orang palembang biasa beli disitu. Kan lumayan dekat dr jambi

Bayu Sa mengatakan...

Coba ke toko garuda di jalan sudirman palembang, didepan cinde. disana cukup lengkap khusus mobil sedan. Orang palembang biasa beli disitu. Kan lumayan dekat dr jambi

tulisanku mengatakan...

Brarti msh ada yg buntu itu bro radiatornya, atau klau nggak ada pipa yg bocor jadinya air cpet habis dan mesin jadi cepat panas

temboel maident mengatakan...

tWINcAM gtI 4age JOS GANDOS......

temboel maident mengatakan...

cek kipas mas muter gak lok mesin panas biasanya lok pake AC lgsung muter kipasnya tanpa AC biasanya tumggu %mnt mesin nyala muter otomatis ato coba cek alat temperaturnya fungsi gak......lok gak korokki aja radiatornya mungkin kotor ato tersumbat

sae 576 mengatakan...

Mohon infonya Gan, kalau di Jakarta dimana tempat yang jual Block mesin AE92, saya ada sudah terlalu parah silinder blocknya, dinding silinder aus terlalu dalam. Terima kasih

Raziq Santosou mengatakan...

Salam kenal, mau tanya saya mau ganti kaki semuanya, engine mounting semua, mohon toko yg lengkp di lampung dimn ya, trm kasih

Coro ijo mengatakan...

Gan, punya sticker ae92society yg resmi gak??? minta donk, beli juga oke..
Salam ae92 lovers from magelang

Albi Ariza mengatakan...

Ane punya TC91 lokasi Cinere Depok. Mau ganti radiator beli barunya dmn ya gan?

Yudi Sutardi mengatakan...

Salam kenal sesama pemakai twin cam GTi masbroo.. Saya tinggal di Tangerang n sampai saat ini masih setia miara mobil tua tapi larinya gk malu"in.. Puas nih kalau udah injak gas.. Hehehe

Yudi Sutardi mengatakan...

Salam kenal sesama pemakai twin cam GTi masbroo.. Saya tinggal di Tangerang n sampai saat ini masih setia miara mobil tua tapi larinya gk malu"in.. Puas nih kalau udah injak gas.. Hehehe

Tofan Juli mengatakan...

Mhon info sparepart gigi renteng yang ada daerah solo dimana ya?

Tofan Juli mengatakan...

Mhon info sparepart gigi renteng yang ada daerah solo dimana ya?

Agus Dwi mengatakan...

Radiator lebih bagus pakai air ac (air yg dihasilkan dari penggunaan ac gan) krna itu air murni.

yoga abidin mengatakan...

gan ane mw nanya normal nya twincam 1.6 karbu satu liternya utuk berapa km . dalkot dan luar kota? kasih pencerahan ya ga agan